Powered By Blogger

Rabu, 08 Februari 2012

Teknik Is Dead!

Di penghujung sekolah (Ujuan Nasional) di kelas sedang gencar-gencarnya untuk memberikan pengarahan jurusan dan universitas yang akan di pilih nantinya untuk siswa-siswi nya, para guru menjelaskan satu per satu jurusan dan bidang studi yang nantinya akan kita pelajari. Hingga akhirnya gue menjatuhkan satu pilihan kepada jurusan yang menurut gue itu keren banget!, jurusan Teknik!, yaa.. Teknik Informatika!. Sejak saat itu gue mulai mencari tahu dan mempelajari pelajaran apa saja yang nanti akan dipelajari di jurusan itu. Gue pun semakin exited banget setelah lihat refrensi orang-orang jurusan teknik informatika yang emang jaman sekarang banyak dibutuhkan perusahaan dan juga sukses, dengan begitu peluang untuk bekerja setelah kuliah selesai sangat besar banget!.
SNMPTN udah gue lalulin, dan hasilnya gue gak masuk Universitas Negri yang gue pingin, yasudahlah, akhirnya setelah bertapa dikamar untuk menentukan kampus gue nantinya, akhirnya gue pun jatuh cinta kepada Universitas Widyatama, banyak poin plus yang bikin gue jatuh cinta sama kampus ini, yang pertama gedungnya yang nyaman banget, kayanya gue jatuh cinta pada pandangan pertama, terus ada jurusan yang gue tuju, dan yang paling penting yaitu banyak temen-temen sekolah yang kuliah disana, dengan begitu otomatis gue gak harus cape-cape kenalan sama orang baru. Intinya gue udah gak sabar jadi mahasiswa seutuhnya, dan selamat tinggal SMA.
Waktu berjalan begitu cepat, test ujian masuk Universitas Widyatama pun udah gue laluin. Jurusan yang gue pilih yaitu, Teknik Informatika, yang keduanya DKV dan yang terakhir Akuntansi. semua test udah gue laluin, termasuk test menggambar untuk jurusan DKV juga, dan akhirnya pengumuman pun muncul dengan serentak membawa kabar gembira, ternyata oh ternyata gue keterima di jurusan Teknik Informatika, gue gak percaya, gue seneng banget!. Sumpah gue seneng banget!
Waktu itu gak kerasa cepet banget berlalu, gue sekarang udah semester 2 lagi di Universitas ini. Selama 6 bulan ngampus menggeluti bidang informatika ini dan tau apa yang terjadi? GUE SALAH PILIH JURUSAN!!.
Setan!, ini jurusan macam apa?. Semua materi yang di berikan buat gue sama sekali gak ngerti, mulai dari Algoritma Pemograman, Kalkulus, Fisika, sumpah gue stak! banget, gue lemah banget di bidang kaya ginian. Biarpun gue anak IPA tapi gue tuh bego sama yang kaya ginian. Hingga akhirnya kemampuan gue di uji pas UAS! setelah 6 bulan kuliah. Dan parahnya pas pengumuman nilai keluar semua nilai yang gue dapet "C" !. Monyeeeeeeeeeettt !. Gue bingung, gak tau harus gimana, gue pusing, gue nyerah!. Sempat terfikir buat pindak jurusan ke DKV atau Akuntansi, tapi gak mungkin, Jurusan teknik ini jurusan yang gue pilih dan gue dambakan selama ini. Apa kata orang tua gue nanti kalo gue bilang "Mah.. Pahhh.. aku pindah jurusan yahhhh,,,, peliiisss peliisss " sambil memelas.
Satu per satu temen-temen kelas gue yang sekelas pindah jurusan karena emang udah gak kuat di teknik, kayanya mereka sama kaya gue udah gak kuat sama materi kuliah yah dikasih. Kebanyakan diantara mereka pindah ke Manajemen, karena jurusan Manajemen adalah jurusan yang paling banyak di minati di kampus.
Saat itu gue bingung, gue pusing! kalo gue bertahan di jurusan teknik informatika ini gue bakalan terus-terusan dapet nilai jelek, atau paling bagus yah pas-pasan lah. Tapi kalo pun gue pindah jurusan, belum tentu juga di jurusan gue nanti gue bakalan pinter dan dapet ipk 4 pas UAS, dan belum tentu juga gue ngerti sama materi kuliah yang di kasih nanti.
Dan sekarang gue punya keputusan. Gue harus komitmen sama pilihan yang gue pilih, ini pilihan yang gue mau, kenapa gak gue jalanin aja?, mungkin hasil buruk masih permulaan, masih harus memahami sama matakuliah yang dikasih. Sama seperti belajar sepeda, pasti kita akan bisa setelah terjatuh. Sama juga seperti proses pendewasaan, kita akan menjadi dewasa setelah mengalami kegagalan, entah itu dalam bidang percintaan, karir ataupun studi. Kita akan menjadi dewasa setelah kita patah hati. Mungkin saat ini gue masih bodoh, masih terpuruk dalam proses pembelajaran yang gue gak ngerti sedikitpun.
Buat kalian jangan ragu jika kita telah menentuka pilihan, jalanilah jika kalian yakin. Percayalah kita pasti bisa, walaupun Kalkulus, Algoritma dan fisika bagaikan Tsunami Aceh, kita pasti bisa bangkit!.
Semangat! ita yakin bisa... yakin! SBY aja bisa, kenapa kita engga?.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar